Senin, 15 Agustus 2011

CITRA DIRI POSITIF

Citra diri adalah tentang sejauh mana Anda mempunyai perasaan positif terhadap diri sendiri; sejauh mana Anda punya sesuatu yang Anda rasakan bernilai atau berharga dari diri sendiri; atau sejauh mana Anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai atau berharga dalam diri Anda.
Citra diri yang sehat sangat penting untuk dimiliki oleh semua orang, untuk bidang apa pun. Bagaimana Anda melihat diri sendiri sangat memengaruhi seberapa baik dan seberapa jauh Anda menjalani kehidupan. Bahkan dapat disimpulkan bahwa kesuksesan dalam bidang apa pun tidak akan pernah melebihi tingkat citra diri Anda. Itu sebab Mark Bowser pernah memberikan nasihat kepada para wiraniaga,

”Jika Anda tidak memiliki citra-diri yang kuat, Anda tidak akan berhasil dalam dunia penjualan.”

Dengan kata lain, Anda dapat mempelajari teknik menjual, dengan cara membaca beragam buku atau dengan mengikuti berbagai pelatihan. Anda juga dapat menghabiskan seluruh waktu luang Anda untuk belajar bagaimana melakukan prospecting secara tepat, mempelajari rahasia menutup penjualan, atau kiat memberi presentasi penjualan yang benar, namun jika Anda tidak memiliki citra diri positif, Anda akan cenderung terus-menerus mencari alasan untuk tidak menelepon atau menemui calon prospek. Anda akan selalu mencari kambing hitam terhadap kegagalan Anda dalam mencapai target penjualan.

Coba perhatikan para bintang atau orang-orang hebat di perusahaan atau industri Anda. Mereka pasti memiliki citra diri yang tinggi. Maksudnya, meskipun dari segi fisik, pendidikan, pengalaman atau keuangan jauh dari memadai, namun mereka tidak menghina diri sendiri dengan berkata,

”Aku tidak akan pernah melakukan apa pun dengan benar,” atau ”Aku tidak akan pernah mencapai target penjualan ini.”

Sebaliknya, mereka selalu berusaha untuk tampil maksimal dan percaya diri.

Lalu apa sebetulnya hubungan citra diri positif dengan kesuksesan?

Kita ambil contoh dalam dunia penjualan. Orang yang memiliki citra diri positif adalah orang yang telah mampu menerima, menghargai dan menyukai dirinya sendiri. Dengan dasar ini, orang tersebut akan relatif lebih mudah untuk membangkitkan rasa percaya diri dalam melakukan pencarian prospek, atau melakukan presentasi hingga melakukan penutupan penjualan.

Calon prospek pun dapat merasakan bila Anda sebagai penjual memiliki citra diri yang baik sehingga Anda lebih mudah dipercaya. Rasa percaya inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor penting bagi sang prospek untuk membeli produk atau jasa Anda.

Pertanyaannya adalah;

”Bagaimana bisa tahu apakah Anda perlu memperbaiki citra diri atau tidak?”

Dari pengalaman, saya belajar bahwa bila saya:

Meminta maaf secara terus-menerus
Merasa terus kecewa dengan diri sendiri atau merasa terus mengecewakan orang lain
Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berusaha memperoleh persetujuan orang lain
Merasa sangat terganggu bila seseorang tidak menghargai saya
Atau selalu khawatir terhadap pendapat orang lain tentang diri saya

maka saya tahu bahwa saya sedang memiliki masalah dalam hal citra diri, dan harus segera dipulihkan.

Berikut adalah dua kiat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan citra diri sehingga Anda pun dapat meraih kehidupan terbaik.

Pertama, pada saat bangun pagi hari, ingat bahwa Anda berharga di mata Tuhan. Tuhan menerima diri Anda apa adanya, meskipun Ia tidak mau membiarkan Anda tetap dalam keadaan seperti saat ini karena Tuhan ingin mengubah Anda menjadi serupa dengan gambar yang Ia mau.

Dengan dasar pemikiran semacam itu, lakukan afirmasi. Katakan :

”Saya berharga, saya menyukai diri saya, dan saya pasti bisa! Saya berharga, saya menyukai diri saya, dan saya pasti bisa! Saya berharga, saya menyukai diri saya, dan saya pasti bisa!”

Ulangi afirmasi ini sepanjang hari, khususnya pada saat Anda merasa takut untuk melakukan apa yang semestinya Anda lakukan. Afirmasi ini akan berdampak lebih kuat bila Anda mengatakannya dengan suara lantang disertai gerakan positif, seperti loncat-loncat, mata melihat ke atas sambil tersenyum.

Kedua
, pikirkan kembali tentang kesuksesan yang pernah Anda raih di masa lalu. Misalnya, nilai tertinggi yang pernah Anda dapatkan di bangku sekolah. Anda hitung berbagai kemenangan dan penghargaan yang pernah Anda raih, sekecil apa pun kemenangan itu. Semua bayangan positif ini akan mampu membangkitkan energi dan semangat Anda.

Sebagai penutup, mari kita ingat bahwa tanpa citra diri yang kuat, kita tidak akan berhasil dalam pekerjaan atau profesi apa pun. Karena itu, dengan dua tip di atas mari berusaha meningkatkan citra diri kita setiap hari.


Salam Triangle!


Sumber : Buku "Life Success Triangle" Terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama

Reaksi:

0 komentar: